Minggu, 08 Maret 2015

kesenian

Musik tradisional
  • Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan sebagai sarana hiburan. Tiga komponen yang saling mempengaruhi di antaranya Seniman, musik itu sendiri dan masyarakat penikmat.
  • Contoh-contoh alat musik tradisional:
 

Angklung. Angklung adalah alat musik yang terbuat dari bambu dan memiliki nada ganda. Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan. Angklung ini merupakan alat musik tradisional asli dari daerah Sunda atau Jawa Barat.



Bedug. Bedug adalah salah satu jenis alat musik yang mirip dengan gendang, namun memiliki ukuran yang lebih besar. Bahan membuat bedug biasa dari kayu berbentuk tabung dengan lembaran kulit sebagai penutup lubang di masing-masing ujungnya. Bedug dibunyikan dengan cara dipukul
Bonang.

 Calung adalah alat musik yang terbuat dari bambu berbentuk tabung-tabung bambu kecil. hampir menyerupai angklung, hanya saja calung dibunyikan dengan cara dipukul. Cangklung juga adalah alat musik tradisional asli dari Jawa Barat (Sunda).



Gendang Karo. Gendang karo merupakan alat musik tradisional yang berupa gendang dengan jumlah lima buah. Gendang karo dimainkan oleh lima orang dengan cara ditabuh atau dipukul.
Gamelan. 



Gamelan adalah seperangkat alat musik yang terdiri dari beberapa alat musik, yang dibunyikan secara bersama-sama. gamelan terdiri dari beberapa jenis alat musik tradisional seperti saron, calung, gendang, gambang, gong, dll. Gamelan bisa ditemukan dibeberapa daerah seperti Jawa dan Bali.



Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote, sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi.



Tifa merupakan alat musik khas Indonesia bagian Timur, khususnya Maluku dan Papua. Alat musik ini bentuknya menyerupai kendang dan terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya.


Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu atau terbuat dari bambu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.


Suling modern untuk para ahli umumnya terbuat dari perak, emas atau campuran keduanya. Sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak, atau logam yang dilapisi perak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar